Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Agar Warga Afghanistan Memberi Suara Hari Kamis


Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak rakyat Afghanistan agar turut memberi suara dalam pemilihan presiden dan pemilihan tingkat provinsi, walaupun peningkatan kekerasan baru-baru ini.

Seorang jurubicara Ban mengeluarkan pernyataan yang mengatakan "semua perempuan dan priya Afghanistan yang terdaftar untuk memilih hendaknya memberi suara untuk menegaskan kembali dukungan mereka pada perdamaian dan kemakmuran.

Seruan oleh pejabat tertinggi PBB itu dikeluarkan sementara pejabat militer internasional semakin khawatir akan dampak serangan pemberontak terhadap para pemilih. Paling sedikit 16 orang tewas dalam serangan hari Selasa.

Pemerintah Afghanistan telah meminta kepada media dalam negeri dan asing agar jangan melaporkan insiden kekerasan pada hari pemilihan karena itu dapat membuat pemilih takut pergi ke TPS.

Pemberontak Taliban telah bertekad untuk mengganggu pemilihan dan hari Rabu mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap sebuah bank di ibukota Kabul, dengan mengatakan itu adalah bagian dari beberapa serangan yang direncanakan menjelang pemilu.

Kepolisian Afghanistan mengatakan insiden tersebut mungkin sebenarnya suatu perampokan bank yang gagal.


XS
SM
MD
LG