Tautan-tautan Akses

Wilayah Kurdi Irak Adakan Pemilu


Para pemilih di Daerah otonomi Kurdi Irak pergi ke TPS hari ini untuk pemilu di mana Massoud Barzani, presiden daerah Kurdi, diperkirakan akan tetap berkuasa di Kurdistan Irak.

Dua partai utama – Partai Demokrat Kurdistan Barzani [KDP] dan Serikat Patriotik Kurdistan pimpinan Presiden Irak Jalal Talabani – diperkirakan akan memenangkan sebagian besar dari 111 kursi parlemen Sabtu ini.

Sejumlah 10 kursi disediakan khusus untuk dua kelompok penduduk minoritas Kurdistan, kaum Kristen dan etnis Turkmen.

Kira-kira dua setengah juta orang terdaftar untuk memberi suara di 3 provinsi Kurdistan Irak. Tentara, narapidana dan pasien di rumah sakit diizinkan memberi suara lebih awal , Kamis, dan pimpinan komisi pemilu Irak mengatakan proses tersebut berhasil.

Ketua KPU Irak, Faraj al-Haidri mengatakan, pemilu telah berjalan lancar, tertib, di tengah para pengamat lokal dan internasional yang ikut memantau pemilu.

Setelah TPS tutup Sabtu malam, surat-surat suara akan diterbangkan ke Baghdad untuk dihitung. Hasilnya diduga akan diketahui dalam dua atau tiga hari, tetapi ketua al-Haidari memperingatkan bahwa masalah teknis dapat menunda hasil resmi sampai berminggu-minggu.


XS
SM
MD
LG