Tautan-tautan Akses

Pengamanan Pintu Masuk Bali Diperketat


Pengamanan terhadap pintu-pintu masuk menuju Bali kembali ditingkatkan menyusul aksi ledakan bom di Hotel JW Mariot dan Ritz Carlton Jakarta. Polda Bali juga telah menetapkan status siaga satu. .

Kepolisian daerah Bali memutuskan untuk memperketat keamanan pintu-pintu masuk Bali setelah terjadinya ledakan bom di Hotel JW Mariot dan Ritz Carlton Jakarta. Pintu-pintu masuk Bali tersebut yaitu Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bay dan Benoa. Bahkan Polda Bali menetapkan status siaga satu bagi keamanan Bali, dengan mengerahkan pasukan Densus-88 Anti terror untuk menjaga keamanan pintu-pintu masuk Bali . Kapolda Bali Irjen Pol. Tengku Ashikin Husein pada keteranganya di Denpasar pada Jumat siang mengungkapkan juga akan meningkatkan pengamanan di obyek wisata dan hotel-hotel di Bali. Termasuk melakukan razia kendaraan bermotor di jalur-jalur padat lalu lintas. Ashikin Husein berharap wisatawan dan masyarakat Bali tetap waspada, sebab Bali tetap menjadi target potensial bagi pelaku aksi terorisme.

*Irjen Pol. Tengku Ashikin*: “Bali tetap menjadi target teroris yang paling mantap karena salah satu karakter dari teroris adalah publikasi, Bali kalau terjadi apa-apa informasinya akan cepat sekali mendunia , saya tidak mengatakan situasi ini gawat “.

Sedangkan Direktur Eksekutif Asosiasi Hotel Bali Djinaldi Gozana menyerukan kepada pengelola hotel untuk meningkatkan keamanan masing-masing hotel. Termasuk berkoordinasi dengan kepolisian

*Djinaldi Gozana*: “Kita juga sudah dari tadi pagi , setelah kejadian itu kita kirimkan SMS broadcast kesemua anggota kita untuk mewaspadai akan ada ancaman terhadap Bali “.

Namun disisi lain, pelaku pariwisata di Bali mulai khawatir akan terjadinya penurunan tingkat kunjungan wisatawan ke Bali , seperti diakui Pengelola Wisata Bahari Ida Bagus Agung Partha. Menurut Agung Partha yang perlu diwaspadai selanjutnya bagi dunia pariwisata adalah
pemberlakuan larangan berkunjung (travel ban) dari negara-negara seperti Amerika dan Australia

*Ida Bagus Agung Partha* “Bom itu bisa terjadi dimana saja dan kedua kita juga pernah mengalami waktu JW Mariot , Jadi kita mengalami penurunan 20%. Paling gak dengan adanya begini akan adanya travel band lagi kan “.

Sementara berdasarkan Data Asosiasi Hotel Bali tingkat hunian hotel di Bali saat ini rata-rata mencapai 80-90%. Dengan tingkat kedatangan wisatawan mancanegara sekitar 5000-6000 wisatawan perhari

XS
SM
MD
LG