Tautan-tautan Akses

Ketenangan Mulai Terasa di Provinsi Xinjiang


Ibukota provinsi Xinjiang, Urumqi, tampak tenang hari Kamis, sementara polisi anti huru-hara merondai jalan-jalan untuk mencegah terulangnya kekerasan antar suku pekan ini.

Pasukan keamanan dengan berkendaraan truk-truk dikerahkan di seluruh Urumqi, mengunakan pengeras suara menyampaikan pesan-pesan kerukunan antar suku.

Pemerintah Tiongkok mengatakan, 156 orang tewas dalam kerusuhan hari Minggu dan sekitar 100 lainnya cedera dalam bentrokan antara warga Uighur yang Muslim dan suku Han. Pihak berwajib mengatakan, seribu 434 orang telah ditahan.

Di Beijing, Presiden Hu Jintao hari ini bertemu dengan para pejabat Partai Komunis di Beijing untuk membahas kerusuhan Xinjiang setelah membatalkan kehadirannya dalam pertemuan dengan para pemimpin Kelompok G8 di Italia. Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, para tetua partai bertekad mengenakan hukuman berat terhadap siapapun yang terlibat dalam kerusuhan.

Anggota politbiro yang bertanggung jawab untuk keamanan, Zhou Yongkang, berada di Urumqi hari Kamis dimana ia berpidato di depan pasukan dan mendorong mereka agar menghancurkan kekuatan-kekuatan bermusuhan.

Dalam berita terpisah, seorang ekonom Uighur yang oleh gubernur Xinjiang dituduh mengobarkan kekerasan melalui situs Internetnya telah ditahan polisi.

XS
SM
MD
LG