Tautan-tautan Akses

Clinton: Honduras Butuh Demokrasi Penuh dan Tertib


Menteri luar negeri Amerika, Hillary Clinton mengatakan prioritas utama di Honduras adalah pemulihan demokrasi dan tertib konstitusional setelah presiden negara itu Manuel Zelaya ditangkap dan dibuang dari negeri itu hari Minggu.

Berbicara pada wartawan hari Senin, Clinton menyebut peristiwa di Honduras itu kudeta namun tidak mengatakan apakah Amerika akan memutuskan bantuan kepada negara itu. Ia mengatakan situasinya bergerak cepat dan ujud yang baik dari itu ialah pulihnya hukum dan ketertiban dalam waktu singkat.

Presiden yang disingkirkan Manuel Zelaya mula-mula dibawa ke Kosta Rika dan sekarang berada di Nikaragua bertemu dengan presiden-presiden dari negara Amerika Latin lain.

Mahkamah Agung Honduras mengatakan pihaknya memerintahkan militer menangkap Zelaya sebab ia mencoba mengadakan referandum untuk mengobah Konstitusi guna memungkinkannya mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya. Mahkamah telah memutuskan referandum demikian bertentangan dengan hukum.

Parlemen mengangkat Roberto Micheletti sebagai presiden. Hari Senin ia meminta agar negaranya dihormati sementara berkemas untuk menyelenggarakan pemilihan umum November nanti.


XS
SM
MD
LG