Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Kembali Turun ke Jalan di Teheran


Situs internet oposisi Iran menyerukan aksi demontrasi hari Kamis di Teheran meskipun pemerintah terus menumpas mereka termasuk menangkapi dosen-dosen, wartawan dan warga biasa.

Para saksi mata memberitahu VOA , kerumunan orang yang lebih besar dari yang biasanya , sekitar 13 ribu orang , telah berkumpul di makam utama di Teheran hari Kamis, sebagian untuk mengungkapkan rasa duka terhadap korban kekerasan pasca pemilihan presiden.

Warga di Teheran mengatakan pada hari biasa sekitar 9 ribu orang berziarah ke makam Behesht e Zahra, dimana banyak korban perang Iran-Irak dimakamkan.

Belum ada laporan saksi mata mengenai aksi protes yang terorganisasi baik di kompeks pemakaman tersebut atau di tempat lain di Teheran. Sebelumnya Kandidat presiden yang reformis, Mehdi Karroubi telah membatalkan upacara berkabung yang direncanakan hari Kamis.

Hari Rabu, polisi membubarkan ratusan pendemo dengan paksa ketika mereka mencoba berkumpul dekat gedung parlemen.

Pemerintah Iran mengerahkan banyak polisi di jalan jalan untuk membubarkan massa terutama sejak pecahnya kekerasan antara pihak keamanan dan pendemo hari Sabtu yang menewaskan sedikitnya 10 orang. Ratusan orang dilaporkan telah ditangkap.


XS
SM
MD
LG