Tautan-tautan Akses

Pemberontak Thailand Merekrut di Sekolah Islam


International Crisis Group (ICG) yang berbasis di Brussel mengatakan, pemberontak separatis di Thailand selatan menggunakan sekolah-sekolah Islam swasta untuk merekrut dan melatih pejuangnya.

Dalam laporan yang dikeluarkan hari Senin kelompok itu mengatakan bahwa ditaksir 100 ribu pelajar sekolah yang disubsidi pemerintah itu menjadi tempat yang berpotensi menyediakan calon anggota bagi pemberontak yang berkekuatan dari 1800 sampai 3000 orang.

Seorang warga Thailand dan analis pada kelompok itu menjelaskan, dalam mencari anggota baru perekrut menggunakan cara membangkitkan rasa etnis dan nasionalisme Melayu serta kebanggaan akan sejarah bekas kesultanan Muslim di sana. Dan anggota yang baru direkrut terdorong oleh keinginan untuk memperoleh kembali tanah mereka dari yang mereka anggap sebagai negara Budhis kafir dan bukan karena solidaritas dengan kelompok-kelompok Muslim internasional.

Laporan itu mengatakan pemberontakan itu juga disulut oleh pelanggaran hak asasi manusia dan kekebal an pasukan keamanan Thailand dari tindakan hukum.

Direktur regional ICG, Jim Della-Giacoma menyimpulkan bahwa kekerasan di kawasan Thailand selatan tidak akan berakhir sebelum semua keluhan etnis Melayu di sana ditanggulangi.

XS
SM
MD
LG