Tautan-tautan Akses

Oposisi di Iran akan Demonstrasi Lagi Hari Ini


Pihak oposisi di Iran bertekad untuk tidak mengindahkan perintah pemimpin tertinggi negara itu agar mengakhiri demonstrasi di jalan-jalan mengenai pemilu pekan lalu yang dipersengketakan.

Seorang pembantu calon presiden yang kalah, Mehdi Karroubi, mengatakan kepada wartawan demonstrasi yang direncanakan akan dilakukan hari Sabtu belum dibatalkan dan akan dilangsungkan sesuai rencana. Para pendukung calon oposisi yang kalah, Mir Hossein Mousavi, juga berencana akan melakukan demonstrasi besar-besaran.

Hari Jumat, pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan kalau pemimpin oposisi tidak menghentikan aksi-aksi protes mereka, mereka akan bertanggung-jawab atas kekerasan yang terjadi.

Dalam pidato pertamanya sejak pemilu tanggal 12 Juni, Khamenei juga menyatakan bahwa Presiden Mahmoud Ahmadinejad pemenang yang pasti.

Dalam unjuk pembangkangan, orang-orang meneriakkan "Allahu Akbar" dan "Kematian bagi Diktator" dari atap-atap gedung di seluruh Teheran, beberapa jam setelah pidato Ayatollah itu.


Para pendukung Mousavi telah mengadakan demonstrasi hampir setiap hari untuk mengutuk pemilihan presiden itu, yang mereka sebut dicurangi untuk memenangkan Ahmadinejad.

XS
SM
MD
LG