Tautan-tautan Akses

AS Tidak Terima Korut yang Bersenjata Nuklir


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan Amerika Serikat tidak akan menerima Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Dalam pertemuan dengan para menteri pertahanan Asia di Singapura, Sabtu, Menteri Gates mengatakan, sanksi yang sangat keras terhadap Korea Utara barangkali merupakan satu-satutnya jalan untuk mengakhiri secara damai program nuklir negara itu. Dikatakannya, Amerika Serikat tidak akan berpangku-tangan sementara Korea Utara membangun kemampuan menghancurkan sasaran-sasaran di Asia atau di Amerika Serikat.

Menteri Gates mengemukakan, Amerika dan sekutu-sekutunya masih bersikap terbuka bagi dialog dengan Korea Utara, tetapi tidak akan membiarkan provokasi.

Presiden Obama mengatakan program nuklir dan misil balistik Korea Utara mengancam perdamaian dan keamanan dunia dan dia mengutuk tindakan serampangan negara itu.

Pejabat tertinggi militer Tiongkok di konferensi itu Ma Xiaotian, menyerukan agar tenang. Dia mengatakan kepada para delegasi bahwa jazirah Korea harus diusahakan menjadi daerah bebas nuklir.

Jumat kemarin, Korea Utara menguji-coba lagi misil jarak dekat di lepas pantai timurnya, dan mengancam akan melakukan pembalasan kalau PBB mengenakan sanksi atas uji-coba nuklir terbaru negara itu.


XS
SM
MD
LG