Tautan-tautan Akses

Pasukan Pakistan dan Taliban Bertempur di Lembah Swat


Militer Pakistan mengatakan, pihaknya masih terus bertempur melawan militan di Lembah Swat di barat laut negeri itu. Dan pertempuran telah menyebabkan lebih 2 juta penduduk sipil mengungsi.

Jurubicara militer Mayor Jenderal Athar Abbas mengatakan hari Senin, mungkin bisa memakan waktu sampai tujuh hari untuk membersihkan militan dari Mingora kota terbesar di Swat. Pernyataan yang dikeluarkan militer mengatakan paling tidak 4 tersangka militan tewas dan beberapa lagi ditangkap dalam 24 jam terakhir.

Militer mengatakan pihaknya telah merebut beberapa tempat penting di sekeliling Mingora termasuk Maalam Jabba yang tidak jauh dari lokasi bermain ski yang diubah militan menjadi pusat latihan.

Jurubicara Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi menerangkan ada 2.38 juta orang yang mengungsi akibat pertempuran. PBB telah menghimbau dana bantuan lebih dari 543 juta dolar.

Militer Pakistan melancarkan ofensif sekitar awal bulan ini setelah militan melanggar perjanjian damai dan bergerak maju sampai dalam jarak 100 kilometer dari ibukota Islamabad.


XS
SM
MD
LG