Tautan-tautan Akses

PM Jepang Berkunjung di Tiongkok


Perdana menteri Jepang Taro Aso telah tiba di Tiongkok hari Rabu untuk kunjungan dua hari yang diperkirakan akan membicarakan krisis keuangan global, flu babi, dan usaha untuk melucuti senjata nuklir Korea Utara.

Para pejabat Jepang mengatakan Aso akan bertemu sore harinya dengan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao, dan hari Kamis dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao, setelah itu ia kembali ke Tokyo.

Jepang dan Tiongkok adalah ekonomi nomor dua dan tiga terbesar di dunia dan karena itu masalah ekonomi kemungkinan besar akan mendominasi pembicaraan. Para pejabat diperkirakan akan membahas cara kedua pihak dapat melawan akibat krisis keuangan global dan kerjasama ekonomi.

Flu babi juga diperkirakan akan menjadi topik pembicaraan, demikian juga dukungan Jepang pada proyek lingkungan di Tiongkok.

Dibanding dalam tahun-tahun yang lalu, hubungan Jepang dan Tiongkok telah banyak membaik dan keduanya belum lama ini mengalami gangguan kecil ketika Aso menyumbang satu tanaman dalam jambangan kepada tugu pahlawan Yasukuni di Tokyo.

XS
SM
MD
LG