Tautan-tautan Akses

Obama Kukuhkan Kembali Janji Memberantas Malaria


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika ingin menjadi pemimpin dalam perang untuk mengakhiri kematian akibat malaria paling lambat tahun 2015.

Dalam pernyataan hari Jumat, sehari sebelum Hari Malaria, Obama mengatakan komitmen itu dimulai dengan memberantas i malaria yang menjadi ancaman kesehatan masyarakat di Afrika. Menurutnya, penyakit itu membunuh hampir satu juta orang di benua itu setiap tahun dan membanjiri sistim kesehatan masyarakat.

Presiden Obama mencatat keberhasilan melawan penyakit yang bisa diobati dan dicegah itu di Afrika, termasuk penggunaan kelambu tempat tidur, serta kelompok-kelompok setempat yang bekerja dengan para ibu dan wanita hamil untuk membuat obat anti malaria tersedia bagi mereka dan bagi anak-anak mereka yang sakit.

Menurut Obama, Amerika dan mitra-mitra globalnya bisa terus bekerja berdasarkan kemajuan itu dan menangani berbagai ancaman kesehatan global dengan berinvestasi dalam sistim kesehatan, serta terus bekerja pada pencegahan dan langakah-langkah pengobatan.


XS
SM
MD
LG