Tautan-tautan Akses

Venezuela Kejar Tokoh Oposisi di Peru yang Cari Suaka


Pihak berwenang Venezuela mengatakan Interpol telah mengeluarkan pemberitahuan untuk penangkapan pemimpin oposisi Manuel Rosales, yang menghadapi tuduhan korupsi di negaranya tetapi telah melarikan diri ke Peru, mencari suaka politik.

Seorang pejabat kepolisian Venezuela mengumumkannya hari Kamis, sehari setelah pengadilan Venezuela meminta organisasi kepolisian internasional membantu untuk menangkap Rosales, dengan alasan ia gagal hadir dalam sidang untuk menghadapi tuduhan.

Kejaksaan Venezuela menuduh menuduh Rosales memperkaya diri secara tidak syah antara tahun 2002 dan 2004 ketika ia gubernur negara bagian Zulia. Rosales mengatakan tuduhan itu bermotif politik.

Sementara itu, pengadilan Venezuela telah mengeluarkan surat penangkapan Eduardo Manuitt, mantan sekutu Presiden Hugo Chavez yang menjabat sebagai gubernur negara bagian Guarico, Venezuela tengah. Kejaksaan menuduh bahwa ketika gibernur, Manuitt menyalah-gunakan dana ketika membeli "air conditioner" untuk rumah sakit. Associated Press mengatakan ia membantah melakukan kesalahan dan yakin tuduhan terhadap dirinya bermotif politik.

XS
SM
MD
LG