Tautan-tautan Akses

Pemberontak Tamil Diultimatum Supaya Menyerah


Pemerintah Sri Lanka telah memberi pemberontak Harimau Pembebasan Tamil Eelam waktu 24 jam untuk menyerah setelah pasukan pemerintah membebaskan ribuan penduduk sipil dari wilayah yang masih dikuasai pemberontak.

Pemerintah menuntut pemberontak menyerah selambatnya Selasa tengah hari atau akan digempur habis di daerah kantong kecil kubu mereka di Sri Lanka utara.

Presiden Mahinda Rajapakse mengatakan pasukan pemerintah telah membuka beberapa jalan dari daerah kantong itu hari Senin sehingga memungkinkan sekitar 35 ribu warga sipil menyelamatkan diri dari sana. Masih ada puluhan ribu lagi yang terkurung di sana.

Angkatan Udara Sri Lanka memperlihatkan video yang tampaknya menunjukkan orang sedang berjalan menuju wilayah yang dikuasai pasukan pemerintah untuk kemudian diperiksa. Gambar-gambar lain menunjukkan sejumlah orang beristirahat di pantai terdekat.

Pemerintah menuduh pemberontak menggunakan penduduk sipil sebagai prisai hidup, sebaliknya pemberontak Tamil menuduh pasukan pemerintah menyerang yang oleh pemerintah ditetapkan sebagai zona aman. Keduanya membantah menjadikan penduduk sipil sebagai sasaran.


XS
SM
MD
LG