Tautan-tautan Akses

PM Thailand Menolak Seruan Peletakan Jabatannya


Perdana Menteri Thailand Abhiiisit Vejjajiva menolak seruan akan peletakan jabatannya sementara demonstrasi protes besar-besaran sedang berlangsung di Bangkok.

Puluhan ribu orang demonstran mulai berbaris Rabu pagi, dengan menyerukan peletakan jabatan Abhisit dan pemilu yang baru. Pawai itu adalah tantangan paling besar sebegitu jauh terhadap pemerintahan Abhisit yang berusia 4 bulan itu. Para pendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra berencana untuk berbaris dari Gedung Pemerintah ke rumah seorang penasehat Raja Bhumibol Adulyadej.

Mereka menuduh penasehat itu otak kudeta tahun 2006 yang menggulingkan Thaksin dari jabatan. Abhisit mengatakan pihak berwenang Thailand akan mengelakkan timbulnya bentrokan dengan demonstran anti-pemerintah, tetapi ada kekhawatiran bahwa keadaan dapat berubahan menjadi kekerasan.

Hari Selasa, demonstrasi anti-pemerintah di kota peristirahatan pantai, Pattaya, berubah menjadi kekerasan ketika demonstran menyerang sebuah mobil yang membawa perdana menteri. Abhisit tidak cedera.

XS
SM
MD
LG