Tautan-tautan Akses

Meksiko Balas Proteksi Amerika


Meksiko mengatakan pihaknya akan mengenakan lebih dari dua milyar dolar bea atas ekspor Amerika sebagai pembalasan atas tindakan Kongres Amerika membatalkan program yang mengizinkan truk-truk Meksiko beroperasi di jalan-jalan Amerika Serikat.

Menteri Perekonomian Meksiko Gerardo Ruiz Mateos hari Senin menyebut tindakan Amerika itu adalah pelanggaran yang jelas Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara, NAFTA. Senator dari partai Republik John McCain mendukung Meksiko hari Senin, dan menyebut keputusan Kongres itu proteksionis. Ia mengatakan tindakan Kongres tersebut merugikan perusahaan-perusahaan Amerika dalam masa ekonomi yang sangat sulit ini.

Mantan Presiden Amerika George W. Bush mengizinkan truk-truk jarak jauh Meksiko mengangkut produk ke sepanjang jalan raya Amerika sebagai bagian program eksperimen berdasarkan NAFTA. Serikat-serikat buruh Amerika dan organisasi keselamatan jalan raya menentangnya dan Kongres memotong pendanaan untuk program itu pekan lalu.

Seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan para pejabat Amerika akan berunding dengan Meksiko mengenai rancangan undang-undang yang memenuhi keinginan Kongres dan pematuhan NAFTA.

XS
SM
MD
LG