Tautan-tautan Akses

Obama dan Partai Republik Berunding Soal Paket Stimulus Ekonomi


Presiden Amerika Barack Obama optimis bahwa paket perangsang ekonominya yang bernilai 825 milyar akan diterima oleh Kongres, walaupun ia yakin tidak semua anggota Kongres akan mendukungnya.

Obama bertemu dengan kelompok oposisi Partai Republik di Senat dan DPR, untuk membicarakan usul paket stimulus ekonominya itu.

Pemimpin kelompok minoritas dalam DPR John Boehner menyatakan keberatan atas beberapa bagian paket perangsang ekonomi itu. Anggota DPR Partai Republik juga menentang rancangan anggaran belanja, yang mencakup 250 milyar dollar dalam pengurangan pajak, dan 550 milyar dollar untuk anggaran belanja. Porsi anggaran belanja itu ditujukan untuk proyek-proyek pekerjaan umum, termasuk perbaikan dan peningkatan jalan dan jembatan.

Kata Partai Republik, ada beberapa hal yang tidak perlu dalam RUU itu, seperti dana keluarga berencana dalam paket Medicaid, yaitu program asuransi kesehatan bagi rakyat Amerika yang berpenghasilan rendah.

Partai Republik menginginkan rancangan itu memuat lebih banyak keringanan pajak, yang diharapkan akan mendongkrak ekonomi AS yang lesu.

XS
SM
MD
LG