Tautan-tautan Akses

Obama Bertemu Tim Ekonomi Bahas Rencana Merangsang Ekonomi AS yang Lamban



Presiden Amerika Barack Obama hari Sabtu ini bertemu dengan tim ekonominya guna membahas rencana-rencana untuk merangsang perekonomian Amerika yang melamban.

Presiden dan para penasihat ekonominya bertemu selama dua jam di Gedung Putih untuk membahas perkembangan pekan ini mengenai rencana stimulus dari pemerintah dan anggaran federal.

New York Times melaporkan pemerintahan Obama berencana bergerak cepat untuk mengetatkan sistim regulasi keuangan Amerika. Dalam edisi hari Minggu ini, suratkabar itu menyatakan para pejabat akan memberlakukan peraturan federal lebih ketat untuk hedge funds, badan-badan pengelola peringkat kredit, dan broker KPR, serta menciptakan pengawasan lebih ketat terhadap transaksi keuangan yang ikut menjadi penyebab krisis ekonomi saat ini.

Dalam pidato mingguan pertamanya sebagai presiden di radio dan di internet hari Sabtu, Obama meyakinkan rakyat Amerika bahwa proposal stimulus ekonominya akan membantu mengembalikan Amerika ke kemakmuran dan bukan sekedar melempar uang pada masalah-masalah yang dihadapi bangsa Amerika.

Dalam tanggapan partai Republik, anggota Kongres John Boehner mengatakan yang diperlukan untuk memulihkan perekonomian adalah pengurangan pajak segera, bukan apa yang ia sebut program-program pemerintah yang bergerak lamban.



XS
SM
MD
LG