Tautan-tautan Akses

Dunia Amati Pelantikan Obama, Berikan Ucapan Selamat


Warga biasa dan para pemimpin dunia melihat ke Washington DC hari ini, dimana Barack Obama dilantik sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-44.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan pemerintah Prancis ingin sekali bekerjasama dengan Obama, mengutip kata-kata Sarkozy, “untuk mengubah dunia bersamanya”. Di Vatikan, Paus Benediktus mengatakan dalam satu pesan bahwa dia berdoa Tuhan memberi Obama “ kekuatan dan kebijakan yang tidak gagal”.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown memuji presiden baru itu sebagai seorang yang memiliki visi dan tekad yang besar.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan hari ini merupakan hari yang istimewa bukan hanya bagi Amerika Serikat tetapi juga bagi dunia. Para pejabat Jepang mengatakan mereka berharap untuk lebih memperkuat hubungan dengan Amerika Serikat.

Dan kementerian luar Negeri Tiongkok menyerukan Obama memperbaiki hubungan militer dan menghentikan penjualan senjata ke Taiwan. Dalam pidato pelantikannya, Obama mengatakan, “ “dengan semakin kecilnya dunia, kemanusiaan umumnya akan mengungkapklan diri “, dan menambahkan “Amerika harus memainkan perannya dalam mengantarkan era baru perdamaian.”

XS
SM
MD
LG