Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS Persoalkan Ekspor Cina ke WTO


Amerika Serikat telah menyampaikan keluhan kepada organisasi Perdagangan Dunia atau WTO terhadap program pemerintah Tiongkok dalam meningkatkan penjualan produk Tiongkok di seluruh dunia.

Wakil Perdagangan Amerika Susan Schwab hari ini mengatakan, Amerika akan mengambil tindakan terhadap kebijakan industri Tiongkok yang secara tidak pantas menggalakkan ekspor dengan merugikan kepentingan Amerika.

Katanya, Tiongkok menggunakan subsidi ekspor untuk mendorong penjualan apa saja dari tekstil dan lemari es sampai bir dan kacang dengan melanggar aturan Organisasi Perdagangan Dunia.

Kantor berita Bloomberg melaporkan terdapat tanda-tanda resesi global mungkin mendorong kebijakan proteksionis sementara semakin banyak pemerintah yang berusaha membantu industri mereka yang dalam kesulitan dengan merugikan pesaing dari luar negeri.

Dalam laporan hari Kamis, Bloomberg mengatakan rencana Rusia, Vietnam, Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara Uni Eropa untuk menyelamatkan industri dalam negeri dapat memicu proteksionisme yang luas, yang akan merongrong perekonomian dunia.

XS
SM
MD
LG