Tautan-tautan Akses

Bush Tawarkan Pinjaman Milyaran Dolar untuk Bantu Industri Otomotif AS


Presiden Amerika George Bush menawarkan pinjaman milyaran dolar untuk membantu industri otomotif Amerika yang terpuruk agar dapat bertahan selama melakukan restrukturisasi bisnis mereka tapi dia menuntut konsesi yang ketat sebagai balasannya.

Washington akan menawarkan pinjaman pemerintah 13,4 milyar dolar secepatnya dan 4 milyar lainnya pada bulan Februari.

Dalam pidato nasional yang disiarkan televisi, Bush mengatakan setiap segmen industri otomotif (pekerja, menajemen,pemberi pinjaman dan lainnya) akan memberi konsesi agar rencana itu berhasil. Perusahaan harus mengurangi gaji pegawai, menyingkirkan jet untuk para eksekutif dan memberi sebagian bayaran untuk para pemegang obligasi dan dana pensiun dalam bentuk saham, bukan uang tunai.

Dia mengingatkan perusahaan-perusahaan tersebut bahwa mereka punya waktu sampai Maret untuk membuat rencana masa depan yang dapat berhasil atau mereka dipaksa mengembalikan pinjaman dengan segera.

G.M. dan Chrysler terhuyung akibat resesi global yang telah menyebabkan pengetatan kredit, penurunan permintaan konsumen dan pejualan terburuk dalam beberapa dasawarsa ini. Situasi tersebut telah memaksa Chrysler menutup 30 pabriknya paling sedikit selama sebulan, mulai hari ini.

XS
SM
MD
LG