Tautan-tautan Akses

Kongres Illinois Pertimbangkan Pembatalan Kekuasaan Blagojevich


Para anggota Kongres Illinois bertemu hari Senin untuk memutuskan apakah akan mencabut kekuasaan Gubernur Rod Blagojevich menyusul penahanan dirinya karena keterlibatan dalam skandal korupsi.

Para anggota DPR Illinois diperkirakan akan membahas RUU yang akan melarang Blagojevich menunjuk pengganti Presiden Terpilih Barack Obama di Senat Amerika. Mereka juga membahas kemungkinan untuk meng-impich gubernur Demokrat itu.

Balgojevich ditangkap Selasa lalu dengan tuduhan berusaha memperoleh keuntungan dari kekuasaannya untuk memilih pengganti Obama di Senat.

Para anggota Kongres negara bagian juga akan mempertimbangkan apakah akan memutuskan penyelenggaraan pemilihan khusus yang memungkinkan pemilih di Illinois menentukan siapa yang akan mengisi kursi Senat yang kosong itu.

Dalam perkembangan lainnya, Ketua DPR Illinois, Michael Madigan mengatakan hari ini, ia akan membentuk sebuah komisiuntuk memutuskan apakah ada alasan untuk meng-impich Blagojevich.

Banyak politisi Illinois telah menyerukan gubernur agar mengundurkan diri, atau kalau tidak, dipecat lewat sebuah perundang-undangan.

Sementara, dalam perkembangan terpisah, media berita Amerika mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Caroline Kennedy sebagai mengatakan, putri dari almarhum Presiden John Kennedy itu berminat mengisi kursi Senat yang lowong karena perpindahan Hillary Clinton ke Departemen Luar Negeri.

Presiden terpilih Barack Obama memilih Senator Clinton untuk menjadi menteri luar negeri, dan ia mewakili negara bagian New York. Kalau pencalonannya sebagai anggota kabinet Obama dikonfirmasi, kursinya di Senat akan menjadi lowong.

Dalam situasi seperti itu, maka Gubernur New York David Paterson berhak menunjuk penggantinya.

Ketika masih kecil, Caroline Kennedy tinggal di Gedung Putih sampai ayahnya ditembak tahun 1963. Salah satu pamannya, Robert Kennedy juga senator dari New York sampai ia tertembak tahun 1968.

Seorang paman lainnya, Senator dari Massachussetts Edward Kennedy merupakan anggota Senat yang sangat berkuasa.


XS
SM
MD
LG