Tautan-tautan Akses

Bush Lakukan Kunjungan Mendadak Terakhir ke Baghdad


Satu bulan sebelum habis masa jabatannya, presiden George Bush mengadakan kunjungan mendadak yang terakhir ke Irak.

Bush tiba di Baghdad hari minggu sore dengan pengawalan sangat ketat dan mengadakan perundingan dengan pemimpin Irak Jalal Talabani dan perdana menteri Nuri al-Maliki.

Ketika mengadakan wawancara pers bersama al-Maliki, seorang wartawan televisi Irak menyebut presiden Bush “anjing” dalam bahasa arab dan melemparkan sepatunya kearah presiden Amerika itu, tapi tidak kena. Petugas keamanan menyeret wartawan itu keluar ruangan.

Ini adalah kunjungan rahasia presiden Bush yang ke-4 ke Irak sejak ia melancarkan invasi untuk menggulingkan Saddam Hussein tahun 2003.

Kemarin, menteri pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan bahwa pasukan Amerika akan ditarik dari kawasan perkotaan Irak menjelang akhir bulan Juni. Tapi komandan tertinggi Amerika di Irak, jenderal Ray Odierno mengatakan sebagian pasukan Amerika akan terus berada di kota-kota Irak setelah batas waktu bulan Juni itu. Ia mengatakan, pasukan Amerika akan melatih dan memberi nasihat pada pasukan Irak untuk menjaga keamanan di kota-kota Irak.

XS
SM
MD
LG