Tautan-tautan Akses

Warga Kota Mumbai Berusaha Kembali ke Kehidupan Normal


Para warga kota Mumbai berusaha mengembalikan kehidupan yang normal, dua hari setelah serangan teroris berdarah terhadap kota mereka berakhir. Salah satu sasaran, Kafe Leopold yang ramai dikunjungi turis, telah membuka kembali ruang makannya, dan rakyat mulai bekerja kembali dikota itu.

Akibat dari serangan Mumbai ini makin terasa dalam dunia politik India. Menteri utama dari negara bagian Maharashtra, Vlasrao Desmuks mengatakan ia bersedia mengundurkan diri guna mempertanggung jawabkan persepsi tentang kekurangan-kekurangan yang ada.

Dalam konferensi pers Senin, Desmukh mengatakan ia menunggu para pemimpin Partai Kongres yang berkuasa untuk membuat keputusan akhir.

Minggu, pada tingkat federal, Menteri Dalam Negeri Shivraj Patil mengundurkan diri dan digantikan oleh Menteri Keuangan Palaniappan Chidambaram.

Minggu lalu serangan selama tiga hari di Mumbai menewaskan sekitar 175 orang, termasuk paling sedikit 18 warga asing di 10 lokasi.

Perdana Menteri Manmohan Singh mengatakan dalam sebuah pertemuan partai politik di New Delhi, bahwa pemerintah akan memperbesar pasukan anti teror India.

Sementara itu, Dutabesar Israel untuk India hadir ketika berlangsung upacara penghormatan untuk kepala pusat Yahudi yang dibunuh oleh militan dalam serangan teror baru-baru ini di Mumbai. Rabbi Gavriel Holtzberg dan istrinya, Rivka, merupakan korban tewas di Chabad House di pusat kota Mumbai.

Jenazah mereka bersama dengan jenazah tiga sandera lainnya, ditemukan dipusat itu Jumat setelah komando India menyerang bangunan itu. Pusat Yahudi itu mengalami kerusakan berat selama pertempuran berlangsung.

Sehari sebelum operasi komando, pada hari Kamis, seorang perempuan yang bekerja disana berhasil melarikan diri bersama dengan putra rabi yang berusia dua tahun. Anak itu, Moshe, terus menerus menangis selama berlangsungnya upacara itu.

Keluarga Holtzberg lahir di Israel, tetapi rabbi itu besar di New York.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert Senin menelpon counterpartnya dari India, Manmohan Singh, untuk mengucapkan bala sungkawa sehubungan pembantaian Mumbai.

XS
SM
MD
LG