Tautan-tautan Akses

Nenek Barack Obama Meninggal Dunia di Hawaii


Nenek calon presiden dari Partai Demokrat yang belakangan ini sakit telah meninggal dunia sehari sebelum rakyat Amerika menentukan siapa presiden berikutnya Obama atau saingannya John McCain dari Partai Republik.

Obama mengumumkan kematian neneknya Madelyn Dunham yang berumur 86 tahun itu ketika melakukan kampanye hari Senin di beberapa negarabagian.

Bulan lalu Obama menghentikan kampanyenya dua hari untuk menjenguk neneknya yang sakit kanker itu di Hawaii dan mengatakan ia khawatir neneknya itu tidak bisa bertahan sampai hari pemilihan. Kondisinya waktu itu sudah gawat. Neneknya itu turut membesarkan Obama di Hawaii.

Sementara itu, sehari sebelum hari pemilihan di Amerika, jumlah besar pemilih telah menggunakan hak pilih mereka. Angka-angka yang dikeluarkan hari Senin menunjukkan sudah 28 juta orang di 34 dari 50 negarabagian yang mencoblos surat suara. Mereka memilih presiden baru, anggota Kongres, pejabat daerah dan lokal. Para pejabat mengatakan bagian besar dari pemilih awal itu adalah orang yang terdaftar sebagai anggota Partai Demokrat meskipun pilihan mereka tidak dilaporkan.

Seorang pakar Universitas George Mason di Virginia mengatakan analis memperkirakan sekitar 40 juta orang mencoblos awal apabila semua angka sudah dihitung. Petugas pemilihan di negarabagia Florida, Georgia dan North Carolina melaporkan besarnya jumlah yang memilih. Di beberapa negarabagian pemilih antri sampai enam jam untuk mencoblos.

Analis mengatakan banyaknya yang mencoblos awal telah menyebabkan antri panjang di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berarti jumlah rekor yang akan menggunakan hak pilih mereka pada hari Selasa.

XS
SM
MD
LG