Tautan-tautan Akses

Kenaikan Tajam Bagi Pasar Saham Asia, Eropa Dibuka Lebih Tinggi


Saham-saham utama Asia naik tajam hari Senin ini, sementara dua pemerintah lagi mengambil langkah menopang bank-bank yang mengalami kesulitan.

Indeks-indeks Hang Seng di Hong Kong dan S&P/ASX di Australia keduanya naik lebih dari empat persen, sementara Nikkei di Tokyo naik tiga setengah persen. Saham Korea Selatan naik lebih dari dua persen, yang merupakan kenaikan pertama dalam empat hari perdagangan.

Indeks-indeks utama di Paris dan Frnkfurt dibuka lebih dari tiga persen lebih tinggi sementara di London naik hampir dua persen.

Korea Selatan hari Minggu mengatakan pemerintah akan menjamin pinjaman luar negeri bank-bank Korea Selatan sebesar 100 miliar dolar. Pemerintah juga akan menyuntikkan 30 miliar dollar dana segar pada bank-bank itu.

Juga hari Minggu, pemerintah Belanda mengatakan pihaknya akan menyuntikkan dala sebesar 13 milyar doolar ke bank ING yang berbasis di Belanda, yang merupakan satu dari 20 bank terbesar di dunia. ING hari Jumat memperingatkan bahwa pihaknya memperkirakan kerugian kuartalan sebesar 670 juta dollar karena krisis kredit global.

XS
SM
MD
LG