Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Bush akan Ungkapkan Rencana Alokasi Dana 250 Milyar Dolar


Pemerintahan Bush diperkirakan akan mengungkapkan rencana untuk menggunakan sampai 250 milyar dolar untuk membeli saham bank-bank swasta supaya bank tersebut dapat memperoleh dana untuk melanjutkan pemberian kredit yang normal.

Sumber-sumber dalam pemerintahan dan perbankan mengatakan Presiden Bush akan mengumumkan rencana itu di Gedung Putih hari ini. Mereka mengatakan rencana itu juga akan mencakup pemberian jaminan sementara untuk pinjaman antar-bank – bagian yang sangat penting dalam tata perkreditan Amerika.

Dana tadi adalah bagian dari paket pertolongan pasar 700 milyar dolar yang sudah disetujui oleh Kongres sebelumnya bulan ini. Pemerintah negara-negara di seluruh dunia sedang mengambil tindakan untuk menolong bank-bank dengan dana yang sangat besar untuk mencegah resesi internasional. Perancis, Jerman, Spanyol, dan Austria telah berjanji akan menyediakan satu triliun dolar untuk membeli kepemilikan sebagian dari beberapa bank dan menjamini beberapa kredit.

Pasar-pasar kredit telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan hari Senin, sementara suku bunga penting diturunkan, yang mempermudah bank-bank untuk memberi pinjaman satu sama lain. Harga-harga saham di bursa dunia telah membubung sebagai reaksi atas rencana pertolongan tadi.

XS
SM
MD
LG