Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Terpecah Soal Pembicaraan Kemitraan Strategis dengan Moskow


Para menteri luar negeri Uni Eropa tampaknya terpecah tentang apakah harus atau tidak memperbaharui pembicaraan kemitraan strategis dengan Moskow yang dibekukan sejak pasukan Rusia menerobos ke Georgia bulan Agustus.

Di antara isu yang dibahas para menteri ialah apakah Rusia sudah sepenuhnya memenuhi komitmennya menarik pasukannya dari Georgia sebagaimana tercantum dalam perjanjian gencatan senjata yang ditengahi Prancis. Dalam pertemuan di Luxembourg hari Senin para menteri juga membahas hubungan antara Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara dengan Rusia.

Uni Eropa menghentikan pembicaraan kemitraan tadi sebagai jawaban atas tindakan Rusia di Georgia. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy – yang negaranya kini memegang giliran sebagai presiden Uni Eropa – mengatakan pembicaraan itu bisa dilanjutkan lagi seawal bulan ini apabila Rusia memenuhi semua persyaratan gencatan senjata tadi.

Para pejabat Uni Eropa dan Rusia hari Rabu akan bersidang di Jenewa membicarakan isu keamanan di kawasan Kaukasus termasuk isu penarikan pasukannya tadi.

XS
SM
MD
LG