Tautan-tautan Akses

Kouchner: Rusia Patuhi Sebagian Perjanjian Genjatan Senjata dengan Georgia


Mentri luar negri Perancis Bernard Kouchner mengatakan Rusia mematuhi sebagian perjanjian genjatan senjata baru-baru ini yang menuntut Rusia menarik pasukan dari Georgia.

Pejabat Perancis, yang negaranya saat ini memegang kepresiden Uni Eropa itu, berbicara setelah melawat daerah disekitar Ossetia Selatan, wilayah sempalan Georgia, untuk menentukan apakah Rusia mematuhi genjatan senjata yang diperantarai Uni Eropa.

Pejabat Perancis itu mengatakan penarikan penuh yang dituntut perjanjian itu akan dibahas dalam pembicaraan mengenai konflik Georgia di Jenewa pada tanggal 15 Oktober. Dia juga mengatakan pembahasa akan mencakup Distrik Akhalgori, di luar Ossetia Selatan, yang masih tetap dibawah kendali pasukan Rusia dan sekutunya.

Penarikan itu adalah unsur penting dalam perjanjian yang ditandatangani Presiden Perancis Nicholas Sarkozy dan mitranya dari Rusia, Dmitri Medvedev.

Pasukan Rusia memasuki Georgia pada tanggl 7 Agustus, setelah Georgia melancarkan aksi militer melawan separatis Ossetia Selatan.

XS
SM
MD
LG