Tautan-tautan Akses

NATO Sepakat Serang Langsung Perdagangan Narkotika di Afghanistan


Mentri-mentri pertahanan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara, NATO, telah sepakat hari ini untuk menggunakan tentara NATO di Afghanistan untuk menyerang langsung perdagangan narkotika yang marak di negara itu.

Pada pertemuan mereka di Budapest, Hungaria, para mentri itu mengadopsi proposal Amerika untuk menggunakan 50 ribu tentara NATO di Afghanistan untuk memerangi fasilitas narkoba di sana. Langkah ini membutuhkan persetujuan semua negara anggota sebelum tentaranya dapat ditempatkan.

Mandat operasi anti narkoba itu didukung Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates. Para pemantau mengatakan Taliban dan sekutu al Qaeda meraup sampai 80 juta dolar per tahun dari perdagangan gelap opium di Afghanistan.

Beberapa sekutu penting NATO seperti Jerman, telah menyatakan keberatan mengenai penggunaan tentara NATO untuk memerangi perdagangan narkoba, dengan mengatakan, upaya itu seharusnya dilakukan tentara Afghanistan sendiri. Mentri pertahanan Afghanistan mendesak semua anggota NATO yang memiliki tentara di Afghanistan agar bergabung dengan upaya anti narkoba itu.

XS
SM
MD
LG