Tautan-tautan Akses

McCain, Obama Dukung Rencana Penyelamatan Finansial


Kandidat presiden Amerika, John McCain dari Republik dan Barack Obama dari Demokrat, masing-masing mengumumkan dukungan sementara bagi rencana pemerintah untuk menyelamatkan bisnis finansial swasta.

Kedua kandidat Minggu memuji kesepakatan bernilai 700 miliar odlar itu karena mengikutsertakan sebuah lembaga pengawasan independen dan perlindungan untuk pembayar pajak. McCain mengatakan di televisi ABC, ia berharap bisa mendukung persetujuan itu dan Obama mengatakan di televisi CBS, ia cenderung mendukung kesepakatan itu.

McCain mengatakan ia merencanakan untuk kembali berkampanye minggu ini, setelah berada di Washington untuk beberapa hari karena terlibat dalam perundingan penyelamatan itu. Ia berencana menghadiri rapat akbar di Ohio Senin.

Senator Obama meneruskan kampanye Sabtu di North Carolina, dan sebuah rapat akbar di Michigan, serta Senin di Colorado.

Sebelumnya, para anggota Kongres telah mengumumkan RUU yang akan mendanai usaha pembelian utang buruk bernilai 700 miliar dolar dari bisnis finansial swasta.

Draft UU itu disebar luaskan Minggu, agar para anggota bisa meneliti isinya sebelum dilakukan pemungutan suara, kemungkinan Senin ini. Para pemimpin Kongres dan Menteri Keuangan Henry Paulson mengumumkan kesepakatan itu dini hari Minggu, dan katanya, mereka berharap bisa secara resmi mengumumkan RUU itu sebelum pasar finansial di Asia dibuka Senin pagi.

XS
SM
MD
LG