Tautan-tautan Akses

Kongres AS Capai Kesepakatan Rancangan Penyelamatan Keuangan


Para anggota Kongres Amerika mengatakan mereka mencapai kesepakatan sementara mengenai rancangan untuk menyelamatkan industri jasa keuangan yang dilanda kesulitan sebelum pasar dibuka kembali hari Senin.

Ketua DPR Nancy Pelosi Sabtu pagi mengatakan kesepakatan itu harus dituangkan ke atas kertas sebelum diresmikan. Pemuka Demokrat di Senat Harry Reid mengatakan mereka berharap dapat mengumumkan rancangan penyelamatan itu hari ini. Pemungutan suara di DPR kemungkinan dilakukan se-dini hari Senin.

Rancangan itu diperkirakan akan mencakup pembatasan pembayaran pemutusan hubungan kerja bagi eksekutif perusahaan yang menerima manfaat dari rancangan penyelamatan itu, serta kewajiban pemerintah untuk berusaha mencegah pemilik rumah kehilangan rumah mereka.

Pemerintah juga dapat menerima saham perusahaan yang minta bantuan, yang memungkinkan pembayar pajak memperoleh keuntungan seandainya perusahaan yang dibantu sehat kembali

Jurubicara Gedung Putih Tony Fratto mengatakan Presiden Bush gembira dengan kemajuan yang dibuat mengenai rancangan itu dan menghargai upaya kedua partai untuk menstabilkan pasar keuangan Amerika dan melindungi perekonomian Amerika.

Dalam pidato radio mingguannya hari Sabtu, Presiden George Bush berusaha meyakinkan para pembayar pajak bahwa rancangan penyelamatan yang diusulkan itu adalah demi kepentingan mereka.

XS
SM
MD
LG