Tautan-tautan Akses

Rusia Temukan Kotak Hitam Pesawat Aeroflot, 88 Tewas


Para pejabat Rusia mengatakan mereka telah menemukan kotak hitam sebuah pesawat jet Aeroflot yang jatuh di pegunungan Ural Minggu dini hari, menewaskan 88 orang di dalamnya.

Para pejabat berharap rekaman penerbangan itu akan membantu mereka mengetahui penyebab pesawat itu jatuh saat hampir mendarat di kota Perm, Ural. Tayangan di televisi menunjukkan puing-puing pesawat bertebaran di dekat kawasan permukiman di kota itu.

Pihak berwenang menyatakan salah seorang yang tewas diduga adalah Jenderal Rusia Gennady Troshev. Dialah pemimpin upaya-upaya Rusia pada tahun 1990-an untuk menumpas gerakan separatis Islamis di republic Chechnya yang memisahkan diri.

Para pejabat mengatakan tidak ada bukti langsung mengenai terorisme atau sabotase dalam kecelakaan ini.

Irina Danenberg, jurubicara Aeroflot mengatakan tujuh anak-anak termasuk di antara korban. Berdasarkan daftar, terdapat penumpang dari 21 negara, termasuk di antaranya Amerika Serikat, Swiss, Perancis, Jerman, Turki dan Italia.

Para pejabat Aeroflot mengatakan mereka akan memberi gantirugi sebanyak 80 ribu dolar per korban kepada keluarga mereka.

Sebuah komisi telah dibentuk di bawah pimpinan Menteri Transportasi Igor Levitin untuk menyelidiki penyebab kecelakaan.

XS
SM
MD
LG