Tautan-tautan Akses

Kuba Tolak Tawaran Bantuan AS untuk Pemulihan Badai Gustav


Pemerintah Kuba menolak tawaran bantuan dari Amerika untuk membantu pemulihan negara yang baru dilanda Badai Gustav itu.

Kementerian Luar Negeri di Havana mengeluarkan sebuah pernyataan hari Sabtu malam berisi penghargaan terhadap iktikad baik pemerintah Amerika. Namun dalam pernyataan itu disebutkan bahwa Amerika harus mengakhiri embargo ekonominya terhadap Kuba jika benar-benar ingin membantu Kuba.

Pekan lalu, para pejabat Amerika menyatakan mereka sedang bersiap-siap memberi bantuan bagi warga Kuba melalui berbagai LSM.

Para pejabat Amerika mengatakan tawaran mengirimkan bantuan tersebut, sama seperti langkah-langkah pemberian bantuan akibat bencana alam bagi Kuba sebelum ini, dan tidak menandai adanya pergeseran kebijakan Amerika terhadap Havana.

Sementara itu, badai Ike telah menguat menjadi badai kategori empat yang sangat berbahaya. Badai ini melanda kepulauan Turks dan Caicos, serta mengancam bagian tenggara dan tengah Bahama, dan bagian timur Kuba.

Para pejabat di Turks dan Caicos mendesak warga di dataran rendah agar segera menuju tempat-tempat perlindungan yang dibuka pemerintah atau ke berbagai lokasi aman lainnya di dataran yang lebih tinggi.

Pusat Badai Nasional Amerika menyatakan angin yang menyertai Ike berkekuatan hampir 215 kilometer per jam dan kemungkinan menguat sebelum berpindah menuju Kuba Timur.

Badai ini diperkirakan akan melintasi bagian tenggara Bahama pada Minggu dini hari, dan mencapai Kuba Timur pada Minggu malam dan Senin pagi.

Haiti dan Dominika telah mengeluarkan peringatan mengenai badai tropis, meski mereka baru saja dilanda badai tropis Hanna, yang menyebabkan banjir hebat dan menewaskan lebih dari 500 orang.

XS
SM
MD
LG