Tautan-tautan Akses

Topan Gustav Melemah, Terjang Pantai Louisiana


Topan Gustav melemah namun terus menerpa beberapa bagian negarabagian Louisiana di Amerika Serikat bagian selatan dengan angin berkecepatan 130 kilometer per jam.

Gustav menerjang pantai hari Senin di sekitar 110 kilometer barat daya kota New Orleans. Topan itu menerjang daratan sebagai Topan Kategori Dua dengan angin berkecepatan 175 kilometer per jam tetapi sejak itu melemah menjadi Topan Kategori Satu.

Peramal cuaca mengatakan, Gustv dapat diturunkan menjadi badai tropis Senin malam atau Selasa selagi Topan itu bergerak di daratan melintasi Louisiana bagian tengah menuju Texas timur.

Laporan resmi menyebut tentang putusnya aliran listerik secara luas dan banjir di sementara tempat yang dilaluinya. Namun petugas tanggap-darurat mengatakan mereka belum mensurvai banyak daerah yang dilanda Topan itu.

Para pejabat di New Orleans mengatakan mereka berpendapat sistem anti banjir kota itu dapat bertahan dari terjangan Topan, mencegah terulangnya banjir maut yang dialami kota itu tahun 2005 ketika Topan Katrina menelan korban lebih dari 1400 orang tewas.

XS
SM
MD
LG