Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 460 Militan dan 22 Tentara Pakistan Tewas dalam Pertempuran


Menteri Dalam Negeri Pakistan mengatakan paling sedikit 460 militan Islam dan 22 orang tentara telah tewas dalam pertempuran lebih dari seminggu di daerah suku terpencil yang berbatasan dengan Afghanistan.

Berbicara dalam jumpa pers di Peshawar hari Jumat, Rehman Malik mengatakan lebih dari 3 ribu orang militan bersenjata, termasuk lasykar asing, berada di Bajaur.

Pertempuran sengit antara militan dan pasukan pemerintah pecah disana tanggal 6 Augustus, ketika militan menyerang pasukan pemerintah di tempat pemeriksaan keamanan. Tentara Pakistan menanggapinya dengan mengirim pesawat tempur dan helikopter tempur ke daerah suku terpecil untuk memukul kedudukan militan.

Malik berjanji bahwa operasi keamanan akan terus dilakukan sampai kaum ekstrimis dikalahkan.

Gubernur provinsi Owais Ghani mengatakan hari Jumat bahwa paling sedikit 219 ribu penduduk telah mengungsi karena kekerasan.

Daerah suku terpencil Bajaur adalah tempat yang diketahui persembunyian Taliban dan militan al Qaida. Para pejabat mencurigai bahwa lasykar menggunakan daerah itu untuk melancarkan serangan di daerah dekatnya, Afghanistan.

XS
SM
MD
LG