Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Gusar atas Rencana Israel Bangun Permukiman di Tepi Barat


Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon telah mengemukakan kegusaran mendalam tentang rencana Israel membangun permukiman baru di Tepi Barat.

Dalam sebuah pernyataan, jurubicara Ban Ki-moon mengatakan sekretaris jenderal itu telah berulangkali menandaskan bahwa pembangunan atau perluasan permukiman bertentangan dengan hukum internasional dan komitmen Israel di bawah peta jalan menuju perdamaian.

Jurubicara mengatakan, Ban Ki-moon mendesak Israel membekukan semua kegiatan pembangunan permukiman dan membongkar pos-pos terdepan yang dibangun sejak bulan Maret tahun 2001.

Pejabat-pejabat pemerintah Israel mengumumkan hari Kamis bahwa Israel sedang berkemas membangun 20 unit perumahan lagi di Maskiot, bekas pangkalan militer di Lembah Jordan.

Perunding Palestina Saeb Erakat mengutuk permukiman baru itu sebab akan merongrong pembicaraan damai yang didukung Amerika.

Pembangunan itu masih harus disetujui menteri pertahanan Israel, Ehud Barak. Seorang jurubicara pemerintah Israel mengatakan Israel akan mematuhi komitmen tidak memperluas permukiman di luar perbatasan yang berlaku.


XS
SM
MD
LG