Tautan-tautan Akses

Obama Tegaskan Pendiriannya bahwa Yerusalem akan Jadi Ibukota Israel


Calon Presiden Amerika Barack Obama berjanji akan memberi dukungan kuat bagi Israel, dengan mengatakan ia tidak akan mendesak para pemimpin Israel untuk memberi konsesi yang akan membahayakan keamanan negara itu.

Senator dari partai Demokrat itu mengakhiri perlawatannya di Timur Tengah dengan kunjungan sebelum subuh hari Kamis ke tempat paling suci Judaisme, Tembok Barat Yerusalem. Obama berdoa dengan menundukkan kepala dan memasukkan sepucuk surat ke dalam salah satu dari banyak celah pada tembok itu.

Ketika meninjau Israel, Obama mengatakan ia berharap ia dapat berfungsi sebagai mitra yang kuat – apakah sebagai Presiden Amerika atau seorang senator – untuk mewujutkan perdamaian abadi di kawasan itu. Obama juga menegaskan kembali pendiriannya bahwa Yerusalem akan menjadi ibukota Israel. Tetapi, ia mengatakan Israel dan Palestina akan menentukan status terakhir Yerusalem.

Obama akan terbang ke Jerman hari ini, dimana ia akan bertemu dengan Kanselir Angela Merkel dan memberi pidato mengenai hubungan trans-Atlantik.

XS
SM
MD
LG