Tautan-tautan Akses

Bush Umumkan Pencabutan Larangan Pengeboran Minyak Lepas Pantai


Presiden Bush Senin petang mengumumkan keputusannya mencabut larangan eksekutif untuk mengebor minyak di lepas pantai. Dalam pernyataan di Gedung Putih Presiden Bush bakal meminta Kongres mencabut larangan mereka terhadap tujuan serupa. Kongres harus mencabut larangan mereka (larangan legislatif) sebelum pengeboran baru dapat dilakukan.

Presiden Bush mengatakan, kalangan ahli berpendapat pengeboran di bagian luar landas kontinen dapat menghasilkan jumlah minyak sama dengan yang sekarang diproduksi di Amerika untuk selama hampir sepuluh tahun. Menurutnya, kemajuan teknologi sejak Kongres memberlakukan larangan itu tahun 1980-an memungkinkan sekarang dilakukan eksplorasi tanpa merusak lingkungan hidup.

Tetapi fraksi Demokrat yang mayoritas di Kongres mengatakan perusahaan-perusahaan minyak sejauh ini masih belum memanfaatkan lebih dari 27 juta hektar tanah Federal yang izin eksplorasinya sudah di tangan mereka.

Dalam perkembangan lainnya, Presiden Bush mengatakan Amerika menghormati keberanian pemimpin Tibet di pengasingan Dalai Lama. Bush mengemukakan hal ini hari Senin di Gedung Putih dalam rangka ulang tahun ke-10 undang-undang Amerika Tentang Kebebasan Beragama Internasional yang kemudian diikuti pembentukan sebuah komisi untuk memantau kebebasan beragama di seluruh dunia.

Bush yang bulan depan akan menghadiri pembukaan Olimpiade Beijing mengatakan pesannya kepada Presiden Hu Jintao ialah selama orang siap berjuang bagi kebebasan mereka untuk beragama selama itu pula Amerika berada di pihak mereka.

Seterusnya Presiden Bush memuji Turkmenistan dan Vietnam yang belum lama ini membebaskan sejumlah tahanan agama. Tetapi ia mengeritik negara seperti Arab Saudi, Birma dan Cina karena mengganggu pemeluk dan pemerotes. Ia berseru agar anti semitisme di Iran dihentikan dan mengatakan ada 3000 tahanan agama yang mendekam dalam penjara di Eritrea.

Ia mendesak para pemimpin semua negara di mana orang masih belum mempunyai kebebasan beragama supaya bersikap lebih toleran.

XS
SM
MD
LG