Tautan-tautan Akses

Liga Arab Akan Bersidang Bahas Kemungkinan Tuntutan Atas Presiden Sudan


Liga Arab sedang mengatur untuk mengadakan sidang darurat atas permintaan para pemimpin Sudan, setelah ada laporan bahwa Mahkamah Internasional mungkin akan mengusahakan penahanan presiden Sudan hari Senin ini.

Jurubicara Liga Arab Abdul Alim Al Abyad mengatakan Sudan secara resmi telah minta diadakannya sidang darurat hari Sabtu ini.

Hari Jumat dikabarkan bahwa Mahkamah Internasional mungkin akan mengenakan tuduhan terhadap Presiden Omar al-Bashir dan pejabat-pejabat tinggi Sudan lainnya hari Senin ini karena kejahatan perang yang dilakukan di kawasan Darfur selama lima tahun ini.

Jurubicara itu mengatakan Ketua Liga Arab Amir Moussa telah menghubungi para Menteri LN Arab untuk menjadwalkan sidang darurat.

Kantor Berita Reuters melaporkan bahwa pemimpin-pemimpin Sudan kemungkinan akan mengusahakan bantuan dari Cina, Rusia dan Afrika untuk menghalangi dikenakannya tuntutan terhadap Presiden bashir.

Dutabesar Sudan untuk PBB, Abdalmahmoud Abdalhalim menyebut rencana mahkamah seperti diberitakan untuk mengenakan tuntutan terhadap Presiden Bashir, merupakan tindak kriminal.

Jurubicara pemerintah Sudan, Rabie Atti mengatakan Khartoum akan meneruskan kebijakannya untuk tidak memberikan kerjasama kepada Mahkamah Internasional, siapa pun yang dinyatakan sebagai tersangka.

XS
SM
MD
LG