Tautan-tautan Akses

Sudan Minta Liga Arab Adakan Pertemuan Darurat


Media resmi Mesir mengatakan, Sudan telah minta Liga Arab agar mengadakan pertemuan darurat, sesudah ada laporan bahwa Pengadilan Kriminal Internasional mungkin akan berusaha menangkap Presiden Sudan Omar al-Bashir.

Laporan Kantor berita MENA Saptu ini tidak mengatakan dukungan atau pun tindakan apa yang diinginkan Sudan dari liga itu.

Jumat kemarin, para pejabat PBB mengatakan, ICC mungkin akan memutuskan untuk menangkap Bashir, berkenaan dengan kejahatanoperang di daerah Darfur.

Pengadilan mengatakan, jaksa poenuntut utama, Luis Moreno-Ocampo akan menyerahkan bukti, Senin, dengn menuduhkan kejahatan yang dilakukan di daerah itu dalam 5 tahun ini.

Presiden Bashir, termasuk beberapa pejabat tinggi Sudan yang dapat disebut dalam kasus itu. Para penuntut ICC tidak bersedia mengungkapkan rincian mengenai rencana pengadilan itu.

Kata ahli riset di Lembaga studi keamanan di Afrika Selatan, Issaka Souare, Souare mengatakan, tuduhan itu mungkin dapat menyebabkan tindakan balasan terhadap para petugas pemelihara perdamaian di Sudan.

XS
SM
MD
LG