Tautan-tautan Akses

Cina dan Rusia Dikecam Karena Veto Resolusi Dewan Keamanan PBB


Para pejabat Barat mengecam Cina dan Rusia karena memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang sedianya akan memberlakukan sanksi terhadap Zimbabwe.

Duta Besar Amerika untuk PBB, Zalmay Khalilzad, mengatakan, dengan memveto rancangan resolusi itu, Cina dan Rusia telah memihak Presiden Robert Mugbe menentang rakyat Zimbabwe.

Khalilzad mengatakan Cina dan Rusia memihak Mugabe. Lebih dari mayoritas anggauta dewan mendukung rakyat Zizmzbabwe yang menuntut agar Mugabe segera mengakhiri kekerasan dan mulai perundingan serius dengan pihak oposisi.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dvid Miliband mengatakan, keputusan itu akan tampak "tidak dapat dipahami"

Rencana resolusi yang disposnsori Amerika itu menyerukan pembatasan kegiatan keuangan dan perjalanan terhadap Mugabe dan 13 orang lainnya karena melakukan aksi kekerasan yang menyebabkan terjadi dalam pemilu presiden tahap kedua bulan lalu.

Cina dan Rusia menyertai Afrika, Libya dan Vietnam dalam menentang rencana resolusi tadi, Jumat kemarin. 9 negara di Dewan Keamanan PBB yang bernggauta 15 negara mendukung resolusi itu, termasuk anggauta-anggauta tetap dewan, yakni Inggris, Prancis dan Amerika Serikat. Satu negara, Indonesia – abstain

XS
SM
MD
LG