Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Kecam Kekerasan Politik di Zimbabwe


Amerika, Inggris dan negara-negara lain mengecam pemerintah Zimbabwe, katanya kekerasan yang disponsori pemerintah memaksa pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai untuk menarik diri dari pemilihan ulang Jumat mendatang.

Di Washington hari ini, Gedung Putih menyerukan pemerintah Zimbabwe dan para "preman"-nya agar menghentikan kekerasan terkait pemilihan dengan segera.

Dalam komentarnya kepada media Inggris, Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband mengatakan kekerasan yang disponsori negara membuat pemilihan itu tidak mungkin diselenggarakan. Ia juga mengatakan pemerintah yang sekarang berkuasa tidak mungkin diperlakukan sebagai wakil sah dari rakyat Zimbabwe.

Di Brussels, Javier Solana, Ketua urusan kebijakan luar negeri Uni Eropa, mengatakan penarikan diri Tsvangirai bisa dipahami dan katanya cara pelaksanaan pemilihan disana merupakan sebuah ejekan terhadap demokrasi.

Presiden Zambia Levy Mwanawasa, ketua dari Masyarakat Pembangunan Afrika Selatan mengatakan pemungutan suara Jumat harus ditunda karena Zimbabwe gagal memenuhi standar pemilihan blok regional itu.

XS
SM
MD
LG