Tautan-tautan Akses

Demokrat Adakan Rapat Sengketa Pemilihan di Michigan dan Florida


Para pejabat Partai Demokrat Amerika akan mengadakan rapat di Washington Sabtu ini dalam usaha untuk menyelesaikan sengketa mengenai masalah hasil pemungutan suara pemilihan pendahuluan di negara bagian Michigan dan Florida – suara yang dapat memainkan peranan penting dalam penentuan calon presiden dari partai itu.

Partai Demokrat membatalkan hasil pemilihan pendahuluan di Florida dan Michigan karena kedua negara bagian itu melanggar peraturan partai dengan menyelenggarakan pemilihan pendahuluan mereka terlalu dini, bulan Januari, bukan kemudian tahun ini.

Senator Hillary Clinton, yang sedang ketinggalan dari Senator Barack Obama dalam perolehan delegasi, dengan suara sangat besar memenangkan pemilihan di Michigan dan Florida. Senator Clinton menghendaki hasil pemilihan tersebut tetap berlaku. Tetapi, dia dan Obama sebelumnya telah setuju untuk tidak berkampanye di kedua negara bagian tersebut, dan nama Obama bahkan tidak tercantum pada kertas suara di Michigan.

Para pengurus partai akan menentukan apakah akan mengakui hasil pemilihan kedua negara bagian itu, dan kalau mereka mengakuinya, bagaimana mereka membagi delegasi. Clinton dan Obama sudah hampir sampai ke akhir kampanye mereka. Ketiga pemilihan pendahuluan yang terakhir akan diadakan beberapa hari lagi, dan kedua kontestan belum memperoleh cukup delegasi untuk menang.

XS
SM
MD
LG