Tautan-tautan Akses

Kematian Akibat Topan di Birma Lampaui 34 Ribu


Sementara angka kematian terus bertambah di Birma akibat topan Nargis , PBB mengatakan puluhan ribu orang yang selamat dari topan pekan lalu bisa meninggal karena mereka tidak memperoleh bantuan darurat.

Birma hari Selasa mengumumkan angka kematian telah melampaui 34-ribu. PBB memperkirakan angka kematian bisa setinggi 100-ribu. Komisi Eropa hari Selasa mengumumkan Birma telah bersedia mengizinkan pejabat urusan bantuan yang tertinggi Uni Eropa, Louis Michel, masuk ke negara itu untuk mengupayakan akses lebih besar bagi para petugas bantuan internasional dan pasokan bantuan darurat.

Jurubicara untuk Organsasi PBB bagi Koordinasi Bantuan Kemanusiaan Elizabeth Byrs hari Selasa mengatakan setidaknya 1-setengah juta orang terkena dampak berat bencana itu, tetapi hanya sepertiga diantara mereka yang memperoleh bantuan.

WHO memperingatkan bahwa, karena kondisi sanitasi yang buruk, penyakit bisa mewabah. Penguasa militer Birma sebegitu jauh telah menolak tekanan internasional yang terus bertambah supaya mengizinkan para petugas internasional masuk ke negara itu untuk ikut membagi-bagikan bantuan.

Pejabat-pejabat PBB mengatakan suplai bantuan kini menumpuk di bandara, menunggu untuk diantarkan kepada para korban topan tersebut.

XS
SM
MD
LG