Tautan-tautan Akses

Pemerintah Birma Tetap Laksanakan Referendum Konstitusi


Birma tetap melaksanakan referendum konstitusi sementara lebih dari satu juta warganya menunggu bantuan setelah badai sepekan lalu yang membuat sekitar 52 ribu orang tewas atau hilang.

Badai dahsyat itu membuat pemerintah Birma terpaksa menunda referendum hingga tanggal 24 Mei di wilayah-wilayah yang terkena bencana paling hebat. Namun di tempat-tempat lain, TPS dibuka pada waktunya hari Sabtu.

Para pemimpin militer Birma mengatakan, konstitusi baru ini merupakan bagian dari peta jalan menuju demokrasi, yang menjurus pada pemilu tahun 2010.

Namun Liga Nasional Bagi Demokrasi yang menyerukan agar rakyat menolak konstitusi mengatakan, konstitusi itu hanya akan memperkuat kontrol militer.

Liga Nasional bagi Demokrasi menyerukan kepada para pemilih untuk menolak rancangan konstitusi itu dalam referendum yang diadakan.

Sementara itu, PBB hari Jumat menghimbau bantuan darurat bernilai 187 juta dolar untuk para korban badai Nargis, sementara menyerukan agar penguasau militer mengizinkan bantuan masuk ke negara itu.

XS
SM
MD
LG