Tautan-tautan Akses

CIA Beri Briefing Soal Kerjasama Nuklir Suriah-Korea Utara


Pejabat-pejabat intelijen Amerika hari Kamis memberikan briefing kepada anggota-anggota Kongres Amerika yang menurut pemerintah Amerika mengindikasikan adanya kerjasama nuklir antara Korea Utara dan Suriah.

Kepala Badan Intelijen Pusat, CIA, Michael Hayden, adalah salah seorang yang memberikan briefing kepada anggota-anggota kunci DPR dan Senat Amerika hari ini.

Berita-berita mengatakan, kepada anggota-anggota Kongres Amerika itu akan dipertunjukkan video yang diperoleh Israel yang menunjukkan orang-orang Korea Utara sedang bekerja di sebuah tempat yang dicurigai reaktor nuklir yang serupa dengan reaktor Korea Utara di Yongbyon. Tempat itu dihancurkan oleh pesawat-pesawat Israel bulan September yang lalu.

Di PBB Dutabesar Suriah Bashar Ja’afari menolak tuduhan itu, mengatakan tidak ada kerjasama apapun antara Suriah dan Korea Utara dalam bidang nuklir.

Beberapa analis memperingatkan bahwa membeberkan secara mencolok proyek Korea Utara di Suriah mungkin akan membuat marah Pyongyang dan mengganggu proses enam pihak.

Namun, Jurubicara Departemen LN Amerika Sean McCormack mengatakan Korea Utara akan harus memutuskan sendiri apakah menjadi kepentingannya untuk menyisihkan keuntungan potensial proses enam pihak itu.


XS
SM
MD
LG