Tautan-tautan Akses

Paus Benediktus Merasa Malu dengan Pelecehan Seks di Gereja Katolik AS


Kumpulan orang-orang bersorak saat pesawat yang membawa Paus Benediktus mendarat di bandara Angkatan Udara Andrews, diluar Washington, Selasa. Ini merupakan kunjungan Paus yang pertama ke Amerika sejak ia terpilih sebagai pemimpin Greja Katolik Roma.

Presiden George Bush, ibu Negara Laura Bush dan putri mereka, Jenna, menyambut Paus dengan jabatan tangan setelah ia turun pesawat dan berjalan diatas karpet merah yang dipenuhi barisan personil militer dalam seragam khusus upacara. Paus melambaikan tangan dan mengulurkan tangan kearah para kardinal dan para imam lainnya yang sudah menunggu.

Selama lawatan Paus selama 6 hari, ia dijadualkan menyelenggarakan misa di udara terbuka di Washington dan New York. Ia juga akan berpidato dihadapan pemimpin Universitas-Universitas Katolik, bertemu dengan wakil-wakil agama lain, dan bersembahyang dilokasi kejadian 11 September, tempat berdirinya Menara World Trade dulu.

Beberapa pakar berpendapat puncak dari acara Paus Benediktus adalah pidatonya dihadapan PBB Jumat mendatang.

Sementara berada di Amerika, Paus akan memperingati dua hari penting bagi dirinya, ulang tahunnya yang ke 81 pada hari Rabu, serta tahun ketiga dari masa jabatannya sebagai Paus pada hari Sabtu.

Sebelumnya, dalam penerbangannya ke Washington, Paus mengatakan ia sangat malu dengan skandal pelecehan seks oleh imam yang menimpa Gereja Katolik Roma Amerika. Paus membuat komentarnya kepada reporter di pesawat Alitalia yang membawanya ke Amerika untuk kunjungan pertama sejak ia terpilih sebagai Paus.

Ia juga mengatakan Gereja akan melakukan segala-galanya guna menjamin skandal ini tidak terulang lagi. Katanya, Greja Katolik tidak akan memperbolehkan penderita kelainan seks pedophilia melakukan pelayanan.

XS
SM
MD
LG