Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Umumkan Iran Perbesar Program Nuklir


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Teheran kini memperbesar program nuklirnya dan memasang 6000 sentrifugal pengayaan uranium yang baru di fasilitas nuklirnya di Natanz.

Presiden Ahmadinejad hari Selasa mengumumkan bahwa negaranya menambahkan jumlah itu ke 3000-sentrifugalnya yang sudah beroperasi di Natanz. Seorang pejabat fasilitas itu juga mengkonfirmasi bahwa Iran meneruskan aktivitas memperkaya uranium.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan ia tidak bisa memverifikasi pernyataan Iran itu, Tetapi ia mengemukakan Teheran menghadapi tiga macam sanksi Dewan keamanan PBB, dan pengucilan internasional, atas penolakannya untuk menghentikan pengayaan uranium.

Di Paris, Menteri Luar Negeri Bernard Kouchner memberitahu para wartawan komunitas internasional harus mempertimbangkan sanksi yang lebih keras, dan juga dialog, jika Iran tidak menanggapi keprihatinan mengenai program nuklirnya

Tetapi Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov memberitahu radio Moskow tidak perlu diadakannya sanksi baru. Ia mengatakan perundingan langsung merupakan satu-satunya cara mengatasi sengketa itu.

XS
SM
MD
LG