Tautan-tautan Akses

Kelompok HAM: Situasi Kemanusiaan di Gaza Terburuk Sejak 40 Tahun Lalu


Sebuah koalisi kelompok HAM dan bantuan Inggris mengatakan situasi kemanusiaan di Jalur Gaza paling buruk sejak pertama kali Israel menduduki kawasan itu lebih dari 40 tahun yang lalu.

Dalam sebuah laporan hari Kamis, delapan kelompok itu yang berkantor pusat di Inggris menyerukan diakhirinya blokade Israel atas Gaza, mengatakan blokade itu telah menghancurkan perekonomian dan membuat penduduk menderita kemiskinan.

Para pejabat Israel menampik laporan itu, menyebutnya berat sebelah. Seorang jurubicara militer Israel mengatakan kaum militan Hamas yang mengambil alih kekuasaan di Gaza bulan Junia yang lalu yang harus dipersalahkan bagi situasi kemanusiaan itu.

Kelompok bantuan, yang termasuk Amnesty Internasional dan Oxfam juga menyerukan kepada par a pejuang Palestina agar menghentikan serangan-serangan roket yang tidak pandang bulu ke Israel selatan.

Sementara itu, para pejabat keamanan Mesir mengatakan Mesir telah mulai membangun tembok beton sepanjang perbatasan Gaza untuk menghalangi warga Palestina untuk sekali lagi melintasi perbatasan itu guna menghindari blokade Israel terhadap kawasan itu.

Dalam kekerasan hari ini, Tentara Israel mengatakan seorang tentaranya tewas dan tiga lainnya luka-luka ketika sebuah bom menghancurkan jeep mereka di perbatasan Israel-Gaza. Jihad Islam menyatakan bertanggung-jawab.

XS
SM
MD
LG